Bos Wikileaks Akan DiBunuh

Bos Wikileaks, Julian Assange, mengaku akan dibunuh dalam sebuah penjara di Amerika Serikat. Menurutnya, tindakan itu kemungkinan besar akan dilakukan jika ia diekstradisi dari Inggris dengan tuduhan menjadi mata-mata atau spionase.

Hal itu dikatakan Assange, Kamis (23/12). Warga Australia itu tinggal di Inggris dengan uang jaminan. Ia beserta kuasa hukumnya pun berupaya agar tak diekstradiri ke Swedia atas pengaduan kekerasan seksual. Namun, Amerika Serikat mempertimbangkan dakwaan atas Assange setelah bocornya ribuan kawat dilpomatik AS di situs Wikileaks.

Namun, Assange yakin Inggris tak akan mengekstradisinya dan mengirimnya melintasi Samudera Atlantik. Menurutnya, Perdana Menteri Inggris David Cameron ingin menunjukkan hal itu tak akan diputuskan bersama Amerika Serikat.

"Menurut hukum, Inggris memiliki hak untuk tidak mengekstradisi karena kejahatan politik. Spionase merupakan kasus klasik kejahatan politik. Merupakan kebijakan pemerintah Inggris mengenai apakah akan menggunakan pengecualian itu," katanya.

Selain itu, Assange menuturkan AS telah berusaha menandatangani perjanjian pembelaan Bradley Manning, tentara angkatan darat AS yang diduga memberi WikiLeaks kawat-kawat diplomatik itu.

Assange tak mau jika nasibnya seperti narapidana Jack Ruby di penjara AS. Ruby, seorang pemilik klab malam, menembak mati Lee Harvey Oswald di sebuah pos polisi di Dallas, Texas, beberapa hari setelah Oswald ditangkap karena pembunuhan Presiden AS John F Kennedy pada 1963


sumber : metrotvnews
user
Bos Wikileaks Akan DiBunuh
Posted By
Yusuf Fikri website
Follow Yusuf Fikri on Twitter

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2012 Tappakma. All Rights Reserved » Privacy Policy » Sitemap » By Yusuf Fikri → Powered by Blogger