Candi Borobudur Di Tutup

Magelang: Taman Wisata Candi Borobudur ditutup total untuk sementara waktu. Penutupan dilakukan setelah hujan abu vulkanik hasil semburan awan panas Gunung Merapi menutupi kawasan tersebut. Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur Pujo Suwarno di Magelang, Sabtu (6/11), mengatakan obyek wisata itu ditutup sejak pukul 10.00 WIB kemarin.

Sebelumnya, usai Merapi mengalami erupsi pertama pada 26 Oktober, Candi Borobudur juga ditutup selama lima hari. Penutupan dilakukan khusus lantai tiga hingga sepuluh untuk proses pembersihan batuan candi dari abu vulkanik. "Saat ini kawasan candi kembali tertutup abu vulkanik setelah menjalani proses pembersihan," kata Suwarno.

Suwarno belum bisa memastikan kapan Candi Borobudur akan dibuka kembali secara normal karena erupsi Merapi hingga sekarang masih terjadi. Suwarno mengatakan, mulai kemarin karyawan melakukan kerja bakti menyingkirkan dahan pohon yang patah dan juga membersihkan abu dan pasir yang menimbun jalan di lingkungan taman. Jika pembersihan selesai, Senin (8/11) depan pengunjung bisa masuk.

Kepala Balai Konservasi Peninggalan Borobudur, Marsis Sutopo, mengatakan akibat letusan Merapi pada 26 Oktober 2010, batuan Candi Borobudur tertutup abu vulkanik setebal antara 0,5 hingga 1 centimeter. Sedangkan hujan abu pada 3-5 November lalu ketebalan abu yang menempel di batu candi mencapai 1 hingga 2,5 centimeter. "Dalam satu-dua hari ini kami melakukan evaluasi teknis untuk langkah-langkah proses pembersihan," kata Sutopo.

sumber : metrotvnews
user
Candi Borobudur Di Tutup
Posted By
Yusuf Fikri website
Follow Yusuf Fikri on Twitter

5 komentar:

  1. Menurut ane sich itu keputusan yang sangat tepat, karena itu demi keselamatan dan kesehatan pengunjung candi borobudur juga. B)

    BalasHapus
  2. kita doakan saja semoga cepat selesai Gunung Merapi meletus :D :@

    BalasHapus
  3. genit
    :)

    kacamata
    B)

    kedip
    ;)

    sedih
    :(

    nangis
    :((

    senang
    :))

    tak acuh
    :|

    skeptik
    :~

    iblis
    :@

    bingung
    :?

    marah
    x(

    kagum
    ;;)

    melet
    :p

    cium
    :x

    ngakak
    :D

    SE
    :o

    Yah... pasti berkurang tuh masukkan buat pejabat negara

    BalasHapus
  4. Teman-teman saya dari Indonesia International WOrkcamp (IIWC) sekarang lagi workcamp di Candi Borobudur, bantu-bantu bersihin debu vuklanik juga menghibur anak-anak sekitar candi borobudur.

    BalasHapus
  5. @Nurul Azis,waw, mantap deh Nurul Azis, semoga cepat usai yah.

    BalasHapus

 
© 2012 Tappakma. All Rights Reserved » Privacy Policy » Sitemap » By Yusuf Fikri → Powered by Blogger